News.biz.id

Marketing Funnel Cara Mengenal Customer yang Sesuai dengan Bisnis

Mengenal Customer yang Sesuai dengan Bisnis

Semua bisnis yang baru berdiri selalu punya banyak ragam customer, tapi bisnis yang berkelanjutan biasanya mengenal customer yang sesuai dengan bisnisnya. Mengenal customer dalam bisnis bisa dilakukan dengan melakukan pengerucutan customer, mulai dari awal ketika bisnis melakukan marketing ke berbagai macam customer, kemudian ketika customer mulai menunjukan ketertarikannya kepada bisnis kamu, hingga pada akhirnya kamu menemukan customer mana yang paling sesuai dengan bisnis kamu dan mau membeli produk atau jasa dari bisnis tersebut.

Memahami customer memang bukan pekerjaan yang mudah. Tidak ada formula pasti yang bisa kamu cari di internet atau di manapun karena setiap bisnis itu unik, dan customer pun selalu berevolusi dari masa ke masa, tergantung pada faktor demografis dan geografisnya. Padahal, mengenal customer adalah tugas yang perlu dilakukan oleh sebuah bisnis agar bisa menjadikan bisnisnya sesuatu yang berkelanjutan dan berjalan dengan baik.

Jadi, bagaimana cara mengenal customer yang sesuai dengan bisnis? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, dan salah satu caranya adalah Marketing Funnel.

Pengertian Marketing Funnel

Marketing Funnel adalah tahapan-tahapan yang menunjukan ragam customer yang terlibat di setiap proses interaksi yang dilakukan customer dengan bisnis kamu. Secara garis besar, pada tahap promosi, pasti akan ada banyak customer yang terlibat sebagai calon pembeli, tujuannya untuk memperkenalkan bisnis kamu pada masyrakat luas. Dari sekian banyak orang yang mulai mengenal bisnis kamu, hanya akan ada sebagian orang yang tertarik untuk mendalami lebih lanjut produk atau jasa dari bisnis kamu. 

Memasuki tahap penjualan atau transaksi, customer yang terlibat juga akan lebih sedikit dibandingkan dengan tahap-tahap sebelumnya, menandakan bahwa ada pengerucutan ragam customer yang memudahkan kamu untuk lebih mengenal customer yang sesuai dengan pola dan ide bisnis tersebut. Agar memudahkan proses pengenalan customer di masing-masing tahap, Marketing Funnel memberikan visualisasi menyerupai corong dari situasi-situasi nyata seperti ini.

Tahapan dan Cara Marketing Funnel

Sebenarnya, masing-masing bisnis memiliki tahapan marketing funnel yang berbeda-beda tergantung dari jenis produk atau jasa yang diberikan, platform yang digunakan, juga target pasar dari bisnis yang dimaksud. Tetapi, pada umumnya Marketing Funnel memiliki 9 tahapan yang mana masing-masing tahapannya menjelaskan setiap proses yang akan dilalui oleh target pasar.

Marketing Funnel

Marketing Funnel dengan 9 tahapan ini memetakan perjalanan customer mulai dari awal pengenalan bisnis hingga proses rekomendasi setelah customer selesai melakukan transaksi. Masing-masing tahapan memiliki cakupan customer sebagai berikut:

  • Awareness: Customer yang ada di tahap ini biasa dijangkau melalui promosi di berbagai media atau channel, seperti iklan, media sosial, webinar, SEO, dan lain-lain. 
  • Interest: Customer yang ada di tahap ini berasal dari customer di tahap sebelumnya Ketika customer merasa tertarik dan ingin mempelajari lebih dalam mengenai perusahaan, produk atau jasa, dan informasi-informasi lain terkait dengan bisnis tersebut. Kamu bisa menganalisis faktor-faktor apa menarik perhatian customer di tahap sebelumnya hingga bisa melangkah memasuki tahap ini.
  • Consideration: Customer yang ada di tahap ini adalah orang-orang yang sudah memenuhi kualifikasi dan dapat disebut sebagai calon pelanggan. Kamu bisa mulai lebih proaktif dengan para calon pelanggan sambil mencari tahu produk atau jasa seperti apa yang mereka butuhkan atau inginkan.
  • Evaluation: Customer pada tahap ini sudah mulai melakukan pertimbangan apakah mereka akan bertransaksi dengan bisnis kamu atau tidak. Tergantung bisnis kamu, kamu bisa melakukan persuasi customer untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Decision: Customer di tahap ini sudah memutuskan untuk melakukan pembelian pada produk atau jasa yang ditawarkan. Kamu bisa mencari tahu apa yang menjadi factor penentu customer untuk melakukan transaksi dengan bisnis kamu.
  • Purchase: Customer di tahap ini sudah melakukan transaksi dan berhasil membeli produk atau jasa dari bisnis kamu. Kamu bisa melakukan evaluasi terhadap customer mengenai produk atau jasa yang dibeli.
  • Repeat: Customer di tahap ini sudah melakukan pengulangan transaksi dengan bisnis kamu. Kamu bisa melakukan Analisa apakah customer membeli produk atau jasa yang sama dengan sebelumnya, atau tidak. Di tahap ini juga, kamu bisa mencari tahu alasan mereka membeli atau tidak membeli kembali produk sebelumnya.
  • Loyalty: Customer di tahap ini adalah customer yang setia bertransaksi dengan bisnis kamu. Meski sudah jadi pelanggan setia, kamu perlu menganalisa inovasi-inovasi baru apa yang bisa menarik perhatian loyal customer agar jangan sampai mereka bosan dengan produk atau layanan yang diberikan bisnis kamu.
  • Advocacy: Customer di tahap ini merasa puas dengan produk atau jasa dan pelayanan dari bisnis tersebut, sehingga customer mau merekomendasikan bisnis kamu kepada kolega atau kerabat. Di tahap ini, kamu bisa mencari tahu apa yang membuat mereka puas dengan bisnis kamu, dan bagian mana yang masih perlu ditingkatkan untuk perbaikan selanjutnya.

#GenerasiPenemu, itulah tahapan-tahapan dan cara-cara marketing funnel yang bisa kamu pelajari dan praktikan pada bisnis kamu sehingga kamu dapat lebih mengenal customer-mu.    Semakin kamu mengenal customer dari bisnis yang kamu jalankan, maka akan semakin mudah kamu berinteraksi dengan mereka yang mengrahkan mereka untuk bertransaksi dengan bisnismu, sehingga kamu pun bisa membuat bisnis yang baik dan berkelanjutan.

Baca juga artikel-artikel lainnya seputar start-up, bisnis, inovasi, dan teknologi di website Ideanation www.ideanation.id. Ikuti terus juga perjalanan para pemenang Kompetisi Tahunan Ideanation 2021 pada tahap Idea Pitch Battle di acara Ideanation Future Festival. Informasi lengkapnya bisa dilihat di Instagram @in.ideanation  

Facebook
Twitter
LinkedIn
0 0 votes
Article Rating
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Artikel Yang Sesuai Dengan Anda

Trending Artikel

Share Content

Facebook
Twitter
LinkedIn
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x